13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur

Tips Cepat Tidur – Penelitian telah menandakan bahwa seorang yang kurang tidur akan mengakibatkan kebodohan atau sanggup di bilang sulit untuk berfikir, gampang marah, bingung, duka dan juga diindikasikan akan cepat gemuk alasannya yaitu kurang tidur mengakibatkan timbunan lemak dalam tubuh.

Tidur memang sangat diharapkan bagi semua manusia. Bahkan ketika kita tidak tidur seharian, mata akan memerah dan panas dan tubuh kita akan terasa sakit semua.

Namun untuk sebagian orang, mereka mengalami kesulitan untuk pribadi tidur pulas dan berdiri di esok hari dengan segar. Maka di bawah ini ada 13 Tips Cara Cepat Untuk Tidur dengan nyenyak.

1.  Lakukan rutinitas menyerupai sebelum tidur

Lakukan segala rutinitas yang biasa dilakukan sebelum tidur. Misalkan sebelum tidur membaca novel dulu, minum susu dulu, bersantai menonton TV dulu atau bahkan mandi air hangat dulu. Kebiasaan itu akan menstimulan tubuh yang mempunyai jadwal secara otomatis untuk mendukung pekerjaan rutin berikutnya. Kaprikornus ketika sebelum tidur terbiasa membaca novel, lakukan itu ketika tidak sanggup  tidur atau ingin tidur lebih awal.

2.  Atur suhu dalam kamar tidur senyaman mungkin

Direktur Institut Robert Oexman menyampaikan bahwa suhu normal untuk kamar tidur yaitu 65 hingga 68 derajat Farenheit, atau setara dengan 18,3 derajat hingga 20 derajat Celcius. Untuk mencapai suhu normal tersebut, biasanya pemilik kamar akan mematikan lampu kamar mereka. Hal tersebut juga dilakukan alasannya yaitu pancaran sinar lampu ketika mata menghadap ke atas akan menciptakan kepala pusing. Maka dari itu ketika tidur disarankan untuk mematikan lampu atau setidaknya mengganti lampu yang terang dengan lampu yang redup.

3.  Hindari memakai ponsel untuk alarm

Ketika tidur, jangan biarkan ponsel menjadi alarm. Karena radiasi dalam ponsel akan menggangu saraf insan walau sedang tidur. Ketika sedang tidur, setidaknya saraf insan sedang beristirahat dan membiarkan recharge untuk melaksanakan acara sesudah terbangun. Namun ketika ponsel di letakkan di akrab tubuh, apalagikepala, ini akan mengakibatkan terganggunya saraf yang ingin beristirahat.

Ketika sulit terbangun, ponsel merupakan alat multifungsi untuk membangunkan kita. Tapi relakah saraf kita tidak sanggup beristirahat dengan damai hanya alasannya yaitu radiasi ponsel tersebut? Tentunya kita sanggup berfikir kembali untuk memakai ponsel sebagai alarm.

4.  Ambil nafas dalam dan keluarkan

Udara yang masuk dalam hidung dengan dalam-dalam dan pelan akan masuk dalam paru-paru dalam sehingga sistem pernafasan akan menyalurkan oksigen ke jantung yang kemudian dilanjutkan oleh darah yang akan di alirkan keseluruh tubuh. Proses ini menciptakan tubuh kita merasa tenang.

Seorang terapis keluarga berjulukan Vikki Stark memakai cara tersebut dan menjelaskannya dalam situs Psychology Today. Berikut yaitu beberapa teknik mudahnya.

Hirup udara sekitar Anda dengan hidung dan rasakanlah kesejukan oksigen masuk ke dalam paru-paru Anda. Bersamaan dengan itu rasakan juga oksigen tersebut menyebar keseluruh tubuh dengan membersihkan semua sel kotor dalam tubuh. Kemudian hembuskan perlahan melalui lisan dan rasakan racun serta sel-sel negatif di dalam tubuh keluar bersamaan dengan hembusan nafas. Nikmati proses tersebut dengan santai. Lakukanlah berulang kali hingga tubuh merasa nyaman, dan lakukan di hari-hari berikutnya supaya tubuh menerima dampak terbaik hingga seakaan-akan seluruh hal negatif akan keluar beserta hembusan nafas.

5.  Melemaskan otot-otot jari kaki

Catherine Darley, seorang Direktur Institute of Naturopathic Sleep Medicine di Seattle, Amerika Serikat, menyarankan pelemasan otot-otot ini dilakukan di tempat jari-jari kaki.Lekukan secara perlahan jari-jari kaki kemudian pijat secara perlahan. Lanjutkan langkah yang sama pada jari-jari kaki yang lain. Kemudian lanjutkan pelemasan otot mulai dari kaki hingga ke leher. Lakukan dengan menggerak-gerakkan anggota tubuh secara perlahan hingga terasa tidak tegang dan nyaman.

6.  Melatih mental dengan cara berfikir

Cara berikut ini mungkin sedikit kuno, tapi Dr. Vicky Seelall seorang peneliti tidur menyarankan cara ini, yaitu dengan menghitung mundur. Atau sanggup juga dengan menghitung domba yang berada di gambar.

Cara tersebut akan menciptakan otak dan mata kita berkerja keras dan membuatnya lelah. Selagi lelah dan ingin beristirahat, maka secara otomatis mata akan mengantuk dan kemudian akan tertidur.

7.  Ketika sulit tidur, beranjaklah dari tempat tidur

Seorang dokter di Clevelan Clinic Sleep Disorderss Center, Harneet Walia menyampaikan bahwa bila tidak sanggup tidur selama 30 menit, lebih baik berdiri dan beranjak dari tempat tidur.

Jika tidak beranjak dari tempat tidur, secara terus menerus mata tidak akan mau untuk tidur. Walia menyampaikan pada US News “Pada dasarnya tubuh Anda tidak tidur di tempat tidur, tetapi berbaring disana dan tidak tidur. Dan pikiran Anda sanggup dikondisikan untuk itu”Lebih baik cari kesibukan yang menciptakan Anda segera ingin tidur. Misal membaca novel, mendengarkan musik, menonton TV, dll

8. Jangan mengkhawatirkan apa yang terjadi besok

Semua yang akan kau lakukan besok sesudah berdiri tidur, jangan terlalu dipikirkan ketika mau tidur. Karena hal tersebut akan mengangganggu konsentrasi tubuh mempersiapkan diri untuk tidur.

Ketika hal tersebut masih saja terfikirkan, coba ambil kertas dan tulislah rencanamu untuk besok.

9. Atur jadwal kegiatan

Ketika ingin tidur cepat, biasanya akan kesulitan alasannya yaitu pada jam-jam tersebut biasanya masih belum tidur. Maka dari itu atur jadwal pada hari dimana ingin tidur lebih cepat. Hal tersebut dilakukan supaya tidak mengganggu jadwal otomatis tubuh.

10. Bayangkan pengalaman-pengalaman yang indah

Mata kita tidak akan terpejam ketika kita hanya merenungi apa yang terjadi. Maka insiden yang tak menyenangkan tak perlu direngunkan sebelum tidur. Karena ingin tidur lebih cepat, maka bayangkan pengalaman-pengalaman indah saja.

Tenangkan pikiran kemudian mulailah mengingat di saat-saat terindah dalam hidup. Kemudian secara perlahan tutup mata dan bayangkan saat-satt itu ada di depanmu.

11. Bekerja keras di siang hari

Siang hari yaitu umumnya orang bekerja, dan malam hari dikala dimana banyak orang beristirahat. Maka sesudah bekerja keras siangnya, pergunakan malam hari dengan beristirahat semaksimal mungkin.

Dengan bekerja keras, malam harinya tubuh akan terasa lelah. Sebelum menuju tempat tidur, mandilah dengan air hangat kemudian persiapkan diri untuk berbaring dan tidur. Mandi air hangat akan menciptakan tubuh terasa nyaman.

12. Gunakan bantal yang tepat

Bantal merupakan benda pendukung dikala tidur. Di dikala kepala mulai merebahkan ke tempat tidur, posisi leher akan meyeuaikan. Ketika bantal lebih keras, maka akan kuat juga pada kenyaman pengguna bantal.

Gunakan bantal yang sanggup mendukung kepala dan leher supaya terasa nyaman. Gunakan bantal yang di tengahnya sedikit cekung untuk menyesuaikan dengan tulang belakang leher manusia.

Bantal yang empuk dan halus, sanggup merangsang untuk tidur dengan cepat

13. Konsultasikan ke dokter

Tidur cepat dibutuhkan oleh beberapa orang yang tak ingin menunda-nunda tidurnya. Jika dengan cara-cara di atas tetap tidak bisa, maka cobalah konsultasikan ke dokter. Dengan begitu dokter akan memberi resep supaya sanggup tidur dengan cepat dan nyenyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *