3 Penyebab Rasa Kantuk Berlebih

Rasa Kantuk – Apakah Anda sering mengalami rasa kantuk berlebih? Apa Anda merasa kesal dikala waktu-waktu produktif Anda diganggu dengan rasa kantuk?

Rasa kantuk memang gajala masuk akal dikala badan kita sudah lelah dan ingin beristirahat. Tapi tahukah Anda ada beberapa alasan mengapa rasa kantuk menjadi tidak biasa. Berikut ini saya mempunyai beberapa alasan mengapa rasa kantuk Anda sudah tidak terkendali. Di kutip dari situs Femina, 3 Penyebab Rasa Kantuk Berlebih

1. Kurang Olahraga

Menurut seorang jago kedokteran olahraga dari Slim+ Health Sport Therapy, dr. Michael Triangto SpKO, rasa kantuk sering menyerang sanggup disebabkan lantaran Anda kurang berolahraga.

dr. Michael menyampaikan ”Olahraga yang sempurna intensitasnya ialah yang dilakukan hingga mencapai zona latihan (training zone) diri orang tersebut, dan dilakukan secara teratur. Jika tidak optimal, mungkin badan akan tetap loyo. Atau sebaliknya, ia makin gampang mengantuk lantaran badan terlalu lelah akhir olahraga berlebihan,”

Sebaiknya jangan berolahraga terlalu erat dengan waktu tidur. Berikan jarak minimal tiga jam antara olahraga dan waktu tidur. Pasalnya, begitu final berolahraga, tubuh memproduksi adrenalin yang menciptakan Anda sulit tidur. Setelah beberapa lama, adrenalin menurun, badan akan relaks dan Anda gampang tidur. Menurut dr. Andreas, makin berat porsi berolahraga seseorang, maka waktu tidur yang diperlukan semakin besar.

2. Gejala Pra-diabetes

Ngantuk terus-menerus, berdasarkan dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD Endokrin dari Divisi Metabolik Endokrin RSCM, sanggup jadi merupakan salah satu tanda-tanda prediabetes. Setelah makan, badan mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah tanda-tanda prediabetes, menyerupai gampang haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes sanggup menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya, jalani dulu investigasi darah.

3. Gejala Anemia

Gampang mengantuk, atau cepat lelah dan lesu, juga merupakan salah satu tanda-tanda anemia (kekurangan sel darah merah). Karena anemia, suplai oksigen ke seluruh badan oleh sel darah merah terganggu. Padahal, oksigen ialah salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Untuk mengetahuinya, Anda harus melaksanakan investigasi darah. Jika akhirnya oke, sanggup jadi Anda mengantuk lantaran memang kurang tidur atau kualitas tidur Anda buruk.

Itulah  3 Penyebab Rasa Kantuk Berlebih. Setelah mengetahui penyebab-penyebab mengantuk tersebut, mulai kini Anda bisa mencegah aktifitas atau gaya hidup yang sanggup menyebabkan waktu produktif Anda terganggu lantaran rasa kantuk.

Anda mempunyai pendapat lain tentang  Penyebab Rasa Kantuk Berlebih ? Silahkan sampaikan pendapat Anda di kolom komentar. Semoga bermanfaat 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *